Hikikomori dan NEET di Anime dan Kehidupan Nyata

Posted by
Yahalloww... Kiriina here.. :3 jangan bosen yah ketemu Kiriina, karena bakal ada sesuatu yang menarik kalo saya ngepost hehehe.. pada kesempatan ini, saya akan membuat artikel tentang Hikikomori dan NEET lho. Hikikomori itu apa sih ? Hikikomori yaitu sebuah istilah Jepang untuk fenomena di kalangan remaja atau dewasa muda di Jepang yang menarik diri dan mengurung diri dari kehidupan sosial. Istilah hikikomori merujuk kepada fenomena sosial secara umum sekaligus sebutan untuk orang-orang yang termasuk ke dalam kelompok sosial ini. lalu NEET? Apa sih NEET itu? NEET merupakan kepanjangan dari Not Employment, Education, or Training. Istilah ini pertama kali muncul di daerah Inggris pada tahun 90an, istilah ini ditujukan pada orang-orang yang tidak memiliki pekerjaan (pengangguran) pada usia berkisar 16 hingga 18 tahun. Istilah ini terus menyebar kenegara-negara maju termasuk Jepang. Nah sekarang kita sudah tau Hikikomori dan NEET kan. Yuk kita bahas dibawah .. ^^

NEET dalam kehidupan nyata.


NEET pada kehidupan nyata sering kita jumpai dibanyak negara maju dan berkembang. Itu dikarenakan berbagai macam sebab. Contohnya adalah pendidikan yang tidak memadai dari masing masing indvidual. Pada zaman sekarang pendidikan merupakan hal yang vital dan merupakan syarat seseorang bisa mendapatkan sebuah pekerjaan. lalu hal ini juga tambah semakin rumit ketika lapangan lapangan kerja semakin sempit dan para pengangguran pun menyebar dimana mana. Di Jepang sebagai negara maju pun sering kita jumpai NEET dimana mana,namun mereka biasanya berdiam di dalam rumah bermalas malasan atau semacamnya. Di Indonesia sendiri tak kalah jauh berbeda, sudah bisa dijelaskan sendiri dan Kiriina bukan pengangguran yah :p Kiriina masih JOMBLO Pelajar :p

NEET dalam dunia anime


Nah, dalam anime sendiri penggambarannya jelas berbeda dengan dunia nyata. Ya walopun cuman sdikit sih bedanya dan mereka sama sama seorang NEET. Pada anime biasanya digambarkan pada karakter yang hanya menghabiskan waktu dan uangnya untuk membeli patung berhala action figur dari para idola mereka. Ada juga NEET yang menghabiskan seluruh hidupnya di depan Game. Seperti Sora dan Shiro. Mereka adalah duet NEET terkenal dan melegenda. Mereka berdua mendedikasikan hidupnya pada game, karena mereka sudah tak mau tau tentang kehidupan dunia nyata yang telah mengecewakan mereka.

Nah, dari pembahasan NEET diatas kita mungkin sudah mengetahui, NEET adalah suatu langkah menjadi seorang Hikikomori. Ketika para NEET mulai berhenti pergi keluar, makan mereka akan menjadi hikkikomori.

Hikikomori dalam kehidupan nyata


Setelah pemahasan tentang NEET jelas ada hubungannya dengan Hikikomori. Seorang yang menjadi Hikikomori di jepang minimal tidak keluar rumah selama 6 bulan. Nah lho, mungkin di indonesia 3 hari ga kluar rumah udah aneh rasanya apalagi 6 bulan, udah lupa bentuk matahari itu :v. Lalu apa yang menyebabkan seseorang menjadi Hikikomori? Ada berbagai macam hal, seperti tekanan sosial yang ia terima selama masa hidupnya. Atau pembully’an di sekolah yang sering terjadi juga di jepang. Dan masih ada faktor lain penyebab orang menjadi Hikikomori. Lalu apa yang mereka lakukan didalam rumah selama 6 bulan? Jelas, mereka hanya bermalas malasan,bermain game, makan minum, dan tidur. Dari data di tahun 2010 di Jepang, ada sekitar 700.000 orang yang menjadi Hikikomori di Jepang dan 1.5 juta orang berpotensi menjadi Hikikomori. Ini jelas akan menjadi suatu problem yang serius tidak hanya untuk negara Jepang, tapi seluruh negara di dunia termasuk Indonesia sendiri.

Hikikomori dalam dunia Anime


Kenapa harus repot-repot keluar rumah kalau bisa mendapat semuanya disini?

Para hikkikomori dalam anime biasanya lebih mengarah ke game, melarikan diri ke dunia fantasy untuk melepaskan tekanan yang mereka rasakan. Misalnya Takumi Nishijou dari anime ChäoS;HEAd. Dia hanya keluar ke sekolah hanya supaya bisa memenuhi kehadiran minimun saja, sisanya? Ya... begitu lah.

Selain juga karena stress dan tekanan, ada juga karakter-karakter yang menjadi hikkomori karena trauma di masa lalu. Misalnya Jinta Yadomi dari AnoHana yang mengundurkan diri dari kehidupan sosial setelah temannya tewas karena kecelakaan. Itu adalah cara Jinta untuk mengatasi perasaan bersalah dan juga stress setelah kehilangan seseorang.

Selain itu, ada juga mereka yang menjadi hikkikomori hanya untuk kesenangan. Misalnya karakter-karakter di Kamisama no Memochou yang membentuk pasukan NEET dan hikkikomori yang menggunakan waktu luang mereka untuk memecahkan misteri dan kejahatan kecil.

Lalu apa bedanya????

Dari pembahasan yang panjang diatas, yang membahas tentang NEET dan Hikikomori di dunia nyata serta Anime. Kiriina udah dapet kesimpulannya nih. jadi gini , Seorang Hikikomori sebenarnya mereka dapat melakukan suatu pekerjaan di dalam rumahnya karena ia memiliki kemampuan, namun ia tidak dapat berinteraksi sosial dengan baik. Kalau NEET, sebaliknya.. ia tidak memiliki kemampuan bekerja atau hanya bermalas malasan namun NEET bisa dengan normal berinteraksi sosial dengan baik.


Hufft.... sudah habis pembahasan kita hari ini, itu menurut Kiriina saja ya, kalau ada pendapat lain yang berbeda silahkan curahkan semua dikomentar nanti Kiriina tampung.

Sekian... Kiriina pamitt.... ~

Newest Post:
Newer Post

Older Post:
Older Post

No comments: