22 Rekomendasi Anime Psychological Terbaik

Posted by

Nggak semua cerita bergenre thrillier dan horror harus memasukan element-element jump scare supaya terlihat bagus dan efektif. Ya, beberapa anime lebih menekankan pada suatu perasaan yang gimana ya bilangnya... sesuatu yang meresahkan lah di dalam pikiran ketimbang jantung, yang memberikan cerita yang cukup dalam untuk mempengaruhi otak kalian.

Anime psychological lebih sering mempermainkan hati manusia, mengacaukan persepsi dan perasaan dan bisa membuat kalian kepikiran terus tentang anime yang sudah ditonton itu dalam jangka waktu yang cukup lama.


Nah, apa sajakah itu anime-anime kejiwaan yang saya rekomendasikan itu? Mari disimak listnya dibawah ini :3

1. Monster
Kalau kalian memiliki kekuatan untuk menyelamatkan 1 nyawa, tetapi harus mengorbankan nyawa lainnya, apa yang akan kalian lakukan? Situasi seperti itulah yang dihadapi oleh Dr. Kenzou Tenma. Sebagai seorang dokter ahli bedah, dia harus memilih untuk meyelamatkan nyawa seorang anak karena lebih dulu sampai atau seorang pria tua karena permintaan atasannya. Dia pun memilih untuk menyelamatkan anak tersebut dan dipecat dari rumah sakit tempat ia bekerja. Bukan hanya itu saja, dia pun terus-menerus mendapatkan mimpi buruk dari anak yang diselamatkannya itu.

2. Yojouhan Shinwa Taikei

Anime yang bisa dibilang cukup abstrak dan memiliki grafis yang cukup nyentrik ini merupakan salah satu yang terbaik dari anime psychological. Pria berkepala terong, teman yang lebih buruk dari musuh, dan pengulangan waktu adalah hal-hal yang akan kalian temui ketika menonton anime ini. Selain keanehan-keanehan tersebut, banyak juga pesan-pesan kehidupannya, jadi simak baik-baik dan jangan lupa selalu siaga di tombol spasi buat play/pause nya.

3. Boku dake ga Inai Machi

Anime yang booming beberapa musim lalu dan juga memiliki rating yang cukup tinggi di myanimelist. Kira-kira apa yang membuatnya sangat bagus? Cerita yang cukup dalam yang dipadukan dengan permainan waktu, kombinasi antara misteri dan juga ketegagan-ketegangan yang ada.

4. Mahou Shoujo Madoka★Magica

Kalau kalian bertanya-tanya kenapa cewek-cewek penyihir yang imut-imut ini bisa masuk ke dalam list ini? Mungkin kalian belum menontonnya dan hanya menjudge buku dari sampulnya. Ketika belum rilis pun trailernya sudah sangat menipu. Yah, intinya, tontonlah dulu anime ini seenggaknya sampe episode 3 dan nikmati sensasi psikologi kalian yang sedang diacak-acak oleh anime ini :D
Baca juga: 13 Rekomendasi Anime Bertemakan Time Travel
5. Kiseijuu: Sei no Kakuritsu
Alien parasit datang ke bumi dan menginvasi otak manusia yang di hinggapinya. Izumi Shinichi, seorang pelajar SMA, ntah bagaimana bisa mencegah parasit tersebut masuk ke otaknya dan hanya menginvasi tangannya saja. Mereka berdua pun harus bekerja sama untuk bisa bertahan dari serangan alien-zombie lainnya. Anime ini lebih menekankan pada hakikat manusia.

6. Death Parade

Bercerita tentang arwah manusia yang akan dinilai oleh para "juri" yang menentukan arwah itu akan direinkarnasi atau di"asing"kan Anime ini cukup menguras banyak emosi. kenapa? karena di anime ini kita akan tau penyebab kematian yang disebabkan oleh suatu konflik yang akan membuat kalian terbawa emosi. Apalagi dalam sistem penilaian "juri" akan ada suatu perekayasaan penilaian yang semakin menyulut emosi penonton

7. Death Note

Mungkin udah banyak yang udah tau dan terlalu mainstream, tapi biarlah... rasanya jadi ga lengkap kalau ga masukin series ini :D Seorang pemegang buku kematian yang memiliki tingkat intelektual yang tinggi melawan seorang detektif yang intelektualnya tak kalah tinggi juga.

8. Zetsuen no Tempest

Kebanyakan anime-anime genre fantasy pasti selalu jelas siapa tokoh antagonistnya. Tetapi dalam series ini, sepertinya ekspetasi seperti itu harus dipendam dalam-dalam. Mengadaptasi dari permainan Shakespeare "The Tempest," Zetsuen no Tempest menjelajah ke kejiwaan dan motivasi manusia. Cukup banyak action dalam series ini, tapi perkembangan terpentingnya ada di dalamnya, dibalut dengan pengembangan karakter yang cukup baik dan complex menjadikan Zetsuen no Tempest layak masuk ke list ini.

9. NHK ni Youkoso

Daya tarik dari anime ini adalah cerita realistis setiap karakter memiliki kisah tragisnya masing-masing, mengangkat isu-isu sosial, dan masalah dalam kehidupan sehari-hari seperti masalah keluarga, kepribadian yg buruk, pesimistis, cinta bertepuk sebelah tangan, broken home, rendah diri, trauma, kecanduan game online, MLM, mencari alasan untuk tetap hidup, bunuh diri, bahkan menyalahkan semua hal buruk kepada Tuhan.

10. Neon Genesis Evangelion

Anime ini, bisa dibilang anime psychological terbaik dari antara yang terbaik. Apalagi anime ini merupakan anime paling kontroversional yang pernah ada. NGE menjadi salah satu anime yang masuk kategori "2deep4u". Saya sendiri butuh beberapa waktu menggali di wikinya Eva. baru bisa mengerti sebagian dari makna ending NGE. Yah, pokoknya tonton saja sampe End of Evangelion dan nikmati sensasi mindfuckednya, saya ga mau spoiler terlalu dalam :D

*Note: Movie remakenya cuma anime ringan biasa, ga di tonton juga ga masalah.

11. Perfect Blue

Menceritakan Kirigoe Mima, seorang penyanyi idol grup yang sedang naik daun yang secara tiba-tiba berhenti jadi penyanyi dan ingin menjadi artis. Tekanan-tekanan yang dialami Mima setelah beralih profesi yang dilakukan oleh fans-fans yang kecewa membuat pikirannya hilang kendali dan tidak bisa membedakan antara kenyataan dan imajinasi. Ini membuat para penonton (kita) menjadi berpikir keras dan merasakan tekanan batin yang dialami Mima,

12. Paprika
Rasanya nggak afdol kalau nggak masukin karya sang master mind blow, Satoshi Kon ke dalam list psychological anime seenggaknya 2x? (Perfect Blue). Singkat kata, gimana rasanya kalau mimpi kalian dimasuki orang lain?

13. Higurashi no Naku Koro ni
 

Misteri dan mitos berpadu bersamaan dalam anime Higurashi no Naku Koro ni, anime yang dapat membuat mu semakin terjun dalam ke dalam kehampaan semakin kalian menontonnya. Sebuah anime psychological yang tak hanya men-twist pikiran dan pembawaan cerita yang unik, tapi juga membuat penonton menginginkan kekerasan yang lebih hanya untuk ingin tau apa yang akan terjadi berikutnya.

14. Psycho-Pass

 
Bagaimana kalau kalian bisa mengetahui apakah seseorang akan melakukan tindak kejahatan atau tidak melalui keadaan psikologis pikirannya? Di Psycho-Pass, siapapun yang dianggap memiliki potensi kriminal yang cukup. Tapi bagaimana kalau sistem tersebut membuat suatu kesalahan? Sebuah series yang memiliki garis antara yang baik dan yang jahat cukup samar dan dapat membuat para penonton merubah persepsi mereka terhadap "keadilan".

15. Serial Experiments Lain

Anime pscyhological ini dapat membuat para penonton sangat bingung kepanjangan, sampai akhir pun akan dibuat bingung dengan melibatkan halusinasi dan realitas yang ada, ditambah lagi ada beberapa teori yang mungkin juga bisa dibilang konspirasi dari kenyataan., Anime ini juga membuat penonton terseret ke dalam atmosfirnya yang berat dan gelap karena beberapa halusinasi dapat membuat pemikiran penonton menjadi bingung dan sulit untuk di cerna karena anime ini bergenre dementia sama seperti NGE.
Baca juga: 10 Karakter Utama Anime Terkuat Sepanjang Masa
16. Texhnolyze
Texhnolyze lebih mengarah ke filosofi daripada psikologinya, meskipun begitu, dalam series ini filosofi dan psikologi memiliki keterkaitan hubungan yang sangat erat. Menggunakan konsep cerita yang cukup stylish yang menggambarkan sisi gelap umat manusia. Anime psychological yang akan membuatmu memandang dunia dari sudut yang sangat sangat pesimistik.

17. Shinsekai Yori

Konsep cerita Shinsekai Yori memiliki gaya originalitas tersendiri, bagaimana menggambarkan sebuah dunia yang diluar tampak indah dan sempurna tapi di balik itu memiliki sejarah kelam dari misteri dunia yang rahasianya terkunci rapat. Shinsekai Yori, bisa dikatakan bukanlah tontonan untuk anak kecil di bawah umur, banyaknya scene kematian, gore, darah, dan dengan sedikit tema dewasa, tentunlah bukan pilihan yang tepat. butuh pemahaman analisis dan gaya berpikir yang cepat untuk memahami beberapa isi konteks dari serial ini, melihat Plot cerita yang bisa membuat anda bingung mengenai berbagai macam konflik kesetaraan dan keburukan kondisi manusia nantinya.

18. Ergo Proxy

Sama seperti Texhnolyze, Ergo Proxy juga lebih condong ke filosofi ketimbang psikologinya. Menjelajah dunia melalui lensa sains fiksi yang realistis. Anime yang bergenre post-apocalyptic cyberpunk. Berlatar jauuuh di masa depan saat sebagian besar permukaan bumi sudah rusak dan tandus karena suatu sebab. Kehidupan manusia hanya ada dalam kubah-kubah khusus yang diatur sedemikian rupa oleh aturan-aturan totaliter yang ketat. Manusia hidup dengan didampingi android-android pembantu yang disebut ‘autorave’, yang diam-diam sebenarnya turut berperan sebagai pengawas masing-masing individu.

19. Zankyou no Terror
Sebuah kisah 2 Sahabat "Manusia Percobaan" bernama Nine dan Twelve. Mereka berusaha menunjukan bahwa mereka masih ada dengan cara menterror seisi kota. Sebuah permainan misteri dan psychological yang menarik akan disuguhkan di seluruh episode. Dan ketika kalian berpikir ending di anime ini akan bahagia, seketika akan berubah 180 derajat dengan ikut campurnya militer Amerika.

20. Ajin

Ajin adalah suatu makhluk "abadi". Keabadian Ajin itulah yang menarik para ilmuwan untuk meneliti lebih jauh Ajin. Penilitian yang mereka lakukan cukuplah sadis,mereka menyiksa, membunuh, memutilasi Ajin. mereka tak khawatir karena Ajin akan beregenerasi dengan cepat. Nagai Kei yang menjadi Ajin berusaha melarikan diri dan bertahan hidup, sementara Satou adalah seorang Ajin yang mengumpulkan Ajin lainnya untuk memberontak ke pemerintah agar mendapatkan suatu keadilan.

21. Selector Wixoss Series

Sebuah permainan kartu yang menjanjikan harapan pemainnya akan dikabulkan jika telah memenangi 3 pertandingan namun, jika kalah ia harus melupakan permainan itu dan mengalami tekanan mental. Berpusat pada gadis bernama Kominato Ruuko yang awalnya bermain Wixoss untuk bersenang senang, tapi kini ia harus menghadapi situasi yang membebani pikirannya.

22. Gakkou Gurashi

Jangan menilai buku dari sampulnya, kalau kalian melihat anime ini hanya 1 episode saja dan mengira bahwa anime ini hanya berisi loli yang berkeliaran di sekolah itu salah besar! Gakkou Gurashi. Mengeksploitasi abis psikologi manusia tentang bagaimana harus menghadapi krisis maha dashyat, kehilangan orang yang disayang, tekanan mental dan batin, delusi, dan lain sebagainya.
Baca juga: 11 Anime Bertemakan Zombie Terbaik Versi WibuNews
Yah mungkin segitu aja dulu, list ini pasti akan diupdate kalau kepikiran lagi :v

Newest Post:
Newer Post

Older Post:
Older Post

No comments: