Saturday, April 1, 2017

Review Anime Clannad dan Clannad: After Story

Review & Sinopsis Anime Clannad Dan Clannad: After Story


Udah pada tau anime Clannad, 'kan? Ya pasti dong, anime yang sangat melegenda ini mana mungkin belum ditonton dan tidak mungkin bisa dilupakan, well... bagi kamu yang belum menonton anime ini, segaralah menontonnya, karena pasti nyesel kalau belum nonton salah satu anime yang menurut saya terbaik setelah Code Geass, hehe.

Note: Harap di ingat, review anime ini ada sedikit spoiler untuk anime nya.
Clannad, berceritakan tentang seorang laki-laki yang keluarganya kacau balau. Ibunya meninggal dan saat ini dia tinggal bersama ayahnya disebuah rumah sederhana. Kehidupan antara anak dan ayahnya sama sekali tidak terlihat akrab, hal ini dikarenakan sang ayah yang akhir-akhir ini sering minum-minum alkohol. Laki-laki itu bernama Okazaki Tomoyo yang bersekolah di salah satu SMA. Suatu hari, ketika ia berangkat kesekolah, dia bertemu dengan seorang perempuan yang berdiri di tengah-tengah bukit menuju sekolah, yang bernama Nagisa Furuka. Dia berada ditahun yang sama dengan okazaki, namun seharusnya saat ini dia sudah lulus. Dikarenakan penyakit misterius yang dideritanya, dimana pada saat musim dingin tiba, ia mengalami demam yang tak kunjung sembuh, bahkan sampai berbulan-bulan. Maka dari itu dia harus tinggal kelas karena jumlah kehadirannya di sekolah tidak cukup.

Setelah mereka berdua bertemu, kehidupan Okazaki pun berubah, begitu juga dengan Nagisa. Yang sebelumnya Okazaki adalah seorang pemalas, sekarang dia sudah melakukan hal yang cukup bermanfaat untuk mengisi waktu luangnya. Nagisa, yang sangat ingin bergabung dengan klub drama di sekolahnya harus mengalami kekecewaan, karena klub drama saat itu sudah dibubarkan dikarenakan anggotanya yang tidak cukup. Tapi dengan tekad yang ia miliki, Nagisa ingin mendirikan klub drama kembali. Mulai dari sinilah, Nagisa mendapatkan banyak teman, begitu juga dengan Okazaki.
Waktu demi waktu berlalu, kejadian-kejadian luar biasa sering sekali terjadi. Mulai dari yang menyenangkan, hingga yang menyedihkan.
Untuk season pertama (Clannad First Story), saya pribadi kurang begitu tersentuh, ceritanya yang begitu lambat, cukup membuat saya malas untuk melanjutkannya. Namun dibagian ending, ceritanya cukup bagus.

Dan untuk season yang kedua (Clannad After Story). Disini Okazaki dan Nagisa nantinya akan menikah. Okazaki yang setelah lulus sekolah akan bekerja dirumahnya Nagisa untuk menjaga, toko, sedangkan Nagisa yang terpaksa harus mengulangi 1 tahun lagi karena sakitnya. Setelah beberapa bulan, Okazaki berhenti bekerja di rumah Nagisa, dan pindah pekerjaan sebagai tukang service yang bekerja bersama dengan Yoshino (nggak usah dijelasin ya Yoshino, tonton aja nanti).
Setelah lulus, Nagisa dan Okazaki memutuskan untuk menikah, meskipun baru saja lulus SMA. Setelah mereka menikah, hal-hal yang menyenangkan mulai terjadi, mereka berdua tampak menikmati hidup bersama. Namun disela-sela kehidupan mereka yang bahagia itu, selalu datang rintangan-rintangan, salah satunya yaitu ayah Okazaki yang tertangkap polisi. Hal ini benar-benar membuat Okazaki putus asa, namun karena Nagisa ada disampingnya ia bisa menahan dirinya.
Review Anime Clannad dan Clannad: After Story
Nah sampe situ aja reviewnya. Dan pendapat saya pribadi untuk Clannad: After Story kasih S. Bagian awal-awal ceritanya tidak terlalu membosankan seperti yang season pertama, hal-hal kocak dan mengharukan cukup membuat saya terbawa suasana bukan hanya itu, banyak pelajaran hidup yang bisa di contoh di anime ini. Dan untuk episode yang benar-benar membuat saya ikut-ikutan nangis yaitu episode ke-18. Dimana si anu [no spoiler, hehe] Mulai dari episode itulah saya benar-benar tertusuk (kebawa suasana cerita manksudnya). Dan jujur saja, sekitar ¾ ceritanya, saya hampir putus asa, dan males mau nonton, karena menurut saya penderitaan yang dialami Okazaki terlalu dalam. Namu setelah sampai di endingnya, mantab!!!. Bener-bener gila, tidak disangka bakalan seperti itu, (spoiler dibawah, jangan dibuka kalo belom nonton).

Nagisa setelah menikah dengan Okazaki, beberapa bulan kemudian ia mengandung anaknya Okazaki. Pada saat akan melahirkan, penyakitnya kambuh, kebetulan saat itu adalah musim dingin, sehingga menyebabkan demam misteriusnya muncul. Dia harus berjuang untuk melahirnkan anaknya yang direncanakan bernama Ushio Okazaki. Namun, setelah anaknya lahir, Nagisa meninggal dunia. Hal ini membuat Okazaki benar-benar putus asa (begitu juga dengan saya), dan ia menitipkan Ushio pada orang tua Nagisa. Setelah 5 tahun berlalu, dimana setelah 5 tahun  tersebut Okazaki menjalani hidupnya dengan berantakan. Sepertinya rasa sakitnya masih belum sembuh. namun, suatu hari ketika ia piknik bersama anaknya, Ushio, ia berubah. Ushio yang dikira Okazaki akan membencinya, ternyata malah sebaliknya, ia sangat sayang kepada ayahnya. Dan pada saat piknik tersebut, Okazaki mulai mengingat masa lalunya bersama sang ayah, yang ternyata beliau sangatlah menyayangi Okazaki. Mulai dari sini Okazaki dan Ushio hidup bersama.

Suatu hari, ketika musim dingin tiba, Ushio tiba-tiba jatuh sakit, dan ternyata ia mengalami penyakit yang sama dengan ibunya, Nagisa. Okazaki saat itu benar-benar tertekan. Dan suatu ketika, Ushio ingin pergi piknik lagi bersama ayahnya, namun Okazaki membujuknya agar setelah ia sembuh. Namun karena keinginannya yang kuat, Okazaki mengabulkan permintaan anaknya tersebut. Ketika mereka berdua berjalan bersama-sama, demam Ushio mulai kambuh lagi, dan tidak lama kemudian ia terjatuh, lalu pingsan (entah pingsan atau apa saya juga belum tau jelas). Tekanan yang diterima Okazaki-pun sudah mulai memuncak, hingga ia putus asa. Namu ketika ia memeluk anaknya sambil menangis, kemudian membuka matanya, ia terkejut, ia kembali ke kejadian 5 tahun yang lalu, dimana Nagisa akan melahirkan Ushio. Apa yang terjadi selama 5 tahun tersebut bagaikan mimpi. Namun, ternyata bukan, pengalaman 5 tahun tanpa Nagisa itu benar-benar terjadi. Ia kembali ke 5 tahun yang lalu karena keinginannya yang dikabulkan oleh legenda cahaya di kota tersebut (menurut saya sih, tapi yang sebenarnya saya belum tahu juga).
Semenjak itulah kehidupan keluarga Okazaki yang sebenarnya dimulai. Okazaki bersama Nagisa dan juga Ushio. Kehidupan yang mereka inginkan, selalu bersama. So good ending. terharu banget.
Review & Sinopsis Anime Clannad Dan Clannad: After Story

Itu aja deh. Capek juga, tapi nggak kerasa. Asik bisa share my point of view. Maaf kalo kepanjangan ya hehhe. Tambahan lagi deh, biar keliatan lengkap.
Story: Mantab. Keren ceritanya, slice of life nya terasa banget. Pesan dan kesannya tersampaikan dengan baik di ending. Tapi kalau nontonnya suka di skip-skip mungkin bakalan bingung. Cerita bagian awal-awal menurut saya cukup membingungkan, karena saya nggak tau alurnya. Tapi setelah ending selesai, semua tercerna dengan baik, hehe.
BGM, OP, dan ED: Openingnya saya suka. Dan menurut saya pas dengan animenya, soalnya agak melow-melow dikit. Endingnya juga lumayan. Dan yang paling saya suka (mungkin benci juga ya), bagian BGMnya, yang adegan sad. Dengerinnya jadi terbawa suasana, ikut-ikutan sedih deh. Dan BGM yang bagian kocak juga pas.
Character: Untuk character menurut saya diatas biasa, dibawah bagus, tapi lebih mengarah ke bagus kayaknya, hehe.

Udah ah, itu saja review Clannad. Maaf jka kepanjangan dan tulisannya kurang jelas, lagi semangat ini. Mau nonton anime yang release hari ini dulu, apa ya? Lupa.
(Clannad emang bikin galau, tapi bikin semangat juga). Waiting next review ya.

Next

Related


EmoticonEmoticon