Friday, April 7, 2017

[Review Anime] Fate/Grand Order : First Order

[Review Anime] Fate/Grand Order : First Order

Untuk kamu penggemar anime Fate Series sudah pasti tidak asingkan dengan judul ini. Fate/Grand Order Sedikit berbeda dengan Fate lainnya, karena menceritakan tentang keanehan yang terjadi di Jepang yang ada di masadepan.

Judul : Fate/Grand Order: First Order
Tanggal Rilis : 31 Desember 2016
Episode : 1 
Durasi : 1 Jam 14 Menit
Genre :  Action, Supernatural, Magic, Fantasy
Sumber Cerita : Game
Studio :  Lay-duce

Sinopsis 
Tahun 2015 adalah masa – masa akhir dari kekuasaan sihir. Caldea adalah organisasi kemanusiaan dan keamanan yang didirikan untuk mengamati dunia yang hanya dapat dilihat oleh sihir dan dunia yang hanya dapat diukur dengan sains, juga untuk mencegah kepunahan umat manusia. Berkat upaya dari banyak peneliti, dapat dipastikan keberlangsungan hidup umat manusia akan berlanjut hingga 100 tahun ke depan. Namun, tiba – tiba masa depan yang berada di bawah pengawasan Caldea lenyap. Tahun 2017, umat manusia dipastikan punah. Penyebabnya adalah keberadaan “wilayah yang tak teramati” di kota Fuyuki, Jepang pada tahun 2004 yang sebelumnya tak pernah ada. Caldea dengan segera memberikan “Grand Order”, misi pencarian Cawan Suci untuk menyelidiki dan mengungkap keanehan yang dapat menyebabkan kepunahan umat manusia.

PV

Oke, dibawah ini adalah hasil Review yang di dapatkan dari anime Fate/Grand Order : First Order.

Jalan Cerita
Fate/Grand Order berbeda dengan Fate lainnya, Fate Series yang sebelumnya menceritakan tentang 7 Master dan 7 Servant dalam Perang Cawan Suci, Fate/Grand Order menceritakan tentang ke anehan yang terjadi di Jepang, yang berhubungan dengan Perang Cawan Suci. Jalan cerita Fate/Grand Order itu sederhana dan rapi dengan beberapa penjelasan yang membutuhkan pemahaman. Menurut saya jalan cerita dari Fate/Grand Order terlalu cepat, karena ada beberapa hal yang tidak di jelaskan, contohnya kemana para Master ? padahal saat Ritsuka terbangung dari pingsannya, dia dan Mash sedang berada di tengah Peperangan Cawan Suci. Lalu kenapa Saber menggila sehingga berubah warna menjadi hitam ? itu masih sebuah misteri. Misteri ini akan di jelaskan pada pada episode lain atau di Seri lain dari Fate, Mungkin (?)

Karakter
Kamu mendapat kabar buruk ! Karena waifumu Saber bukan lagi Heroine utama pada Fate/Grand Order. Ritsuka Fujimaru sebagai Aktor laki - laki dan Mash Kyrielight sebagai Heroine utama, tenang kamu masih bisa melihat Saber di Fate/Grand Order yang versi hitamnya sebagai karakter jahat dan kamu juga akan melihat Lancer yang merubah kelasnya karena bosan menjadi Caster. Jadi apakah kamu akan setia pada waifumu, Saber atau berpindah hati pada Mash atau pada Olgamally Animusphere yang mati di telan Chaldeas ?

[Review Anime] Fate/Grand Order : First Order

Art
Fate/Grand Order memiliki Art yang baik untuk bentuk karakter dan pewarnaan juga bagus dan juga cocok untuk karakter dan situasi. Seperti yang di harapkan dari Seri Fate yang di buat pada zaman modern ini, jika Art Fate/Grand Order di bandingkan dengan Fate/stay night : Unlimited Blade Works yang merupakan Senpainya, maka scorenya adalah 8 untuk Fate/Grand Order dan 9 untuk Fate/stay night : Unlimited Blade Works.

Adegan Battle

Seperti yang kamu tau, Fate Series adalah Anime Action, jadi Adegan Battle dari Fate/Grand Order juga akan di bahas. Adegan battle dari Fate/Grand Order terletak di sekitar pertengahan durasi, jadi di awal - awal kamu akan di beri beberapa penjelasan oleh Mash tentang Caldea. Adegan battle yang bisa di bilang seru karena beberapa Servant masih ada yang tersisa dan ikut bertarung, dan bisa di bilang biasa saja karena Mash jarang menyerang, karena senjatanya adalah sebuat perisai besar mungkin karena itukah Mash jarang menyerang dan kebanyakan hanya bertahan ?

Efek saat Battle

Tentu saja Fate/Grand Order juga punya efek saat pertempuran, seperti beberapa skill dari Caster, aura hitam dari Saber dan Excalibur Morgan. Untuk efek dari Fate/Grand Order, tidak begitu terlihat terlalu ''wahh'' mungkin karena saya sudah menonton Fate/stay night : Unlimited Blade Works yang efek - efek nya sangat ''wahh'' tetapi bukan berarti efek dari Fate/Grand Order terlihat buruk atau jelek, efek dari Fate/Grand Order hampir menyerupai Fate/stay night : Unlimited Blade Works tetapi belum bisa menyamai tingkatannya.

Fate/Grand Order Logic
Saya menemukan 2 hal yang sedikit aneh saat menontonnya.
Yang pertama adalah ketika Mash bertarung melawan Saber, ketika Saber menggunakan Harta Sucinya, Excalibur Morgan, serangan yang tertahan oleh perisai sehingga terpencar ke belakang perisai. Bagaimanakah Ritsuka bisa masuk ke belakang perisai Mash ? padahal Ritsuka hanya manusia biasa yang tidak bisa sihir.

[Review Anime] Fate/Grand Order : First Order

Yang ke-2 adalah kekuatan Excalibur yang tertahan oleh perisai yang tidak jelas asal usulnya. Excalibur adalah pedang legendaris, bahkan saat Saber menggunakan harta dan kekuatan sucinya, Exalibur tidak meninggalkan bekas apapun pada perisai Mash. Apakah Exalibur selemah itu ?

Overall
Jalan Cerita : 7 / 10
Karakter : 7.5 / 10
Art : 7 / 10
Adegan Battle : 7.5 / 10
Efek Battle : 8.5 / 10
Fate/Grand Order : 7.7 / 10

Saya tidak tahu mengapa rasanya kesal karena melihat Saber begitu lemah, apakah karena Saber berubah menjadi hitam ? apakah karena Saber tidak memiliki Master di Fate/Grand Order ?
Kesampingkan tentang Saber yang menjadi lemah. Menurut saya, Fate/Grand Order terlihat seperti anime biasa saja, hanya beberapa hal yang menarik, seperti adegan battle dari Caster dan spoiler beberapa karakter yang muncul pada menit – menit akhir sebelum lagu ending, yang merupakan karakter dari Fate selanjutnya.

Oke, Review Anime Fate/Grand Order : First Order sudah selesai nih, kalau ada yang mau di tanyakan silahkan tulis di komentar ya ^^


Fate/Grand Order : First Order, tertarik menonton Animenya setelah membaca Review-nya?

Baca juga : [Review Anime] Fate / Zero

Baca juga : [Review Anime] Fate / Stay Night
Baca juga : [Review Anime] Fate / Stay Night : Unlimited Blade Works

Next

Related


EmoticonEmoticon