Monday, September 11, 2017

[Review Anime] Cardcaptor Sakura

[Review Anime] Cardcaptor Sakura

Hai wibu tachi.
Mimin kembali dengan reviewnya, kali ini mimin mau memberikan review anime lawas yang pernah tayang di TV Indonesia loh ! Untuk kamu yang lahir sekitar tahun 1990 mungkin kamu tidak asing dengan ‘’Cardcaptor Sakura’’. Ya review anime lawas yang akan mimin bahas kali ini adalah Anime Cardcaptor Sakura yang pernah tayang di TPI dan RCTI (kalau tidak salah, kalau salah ya maap). Untuk kamu yang belum nonton anime lawas ini, yuk ikuti mimin dalam Review Anime Cardcaptor Sakura.

Judul : Cardcaptor Sakura
Tanggal Rilis : 7 April 1998
Episode : 70
Durasi : 25 Menit Per Epi.
Genre : Adventure, Comedy, Drama, Magic, Romance, Fantasy, School, Shoujo
Sumber Cerita : Manga
Producers : NHK, Kodansha, Sogo Vision, YTV
Licensors : Nelvana, NIS America, Inc., Geneon Entertainment USA
Studio : Madhouse

Sinopsis
Suatu hari, Kinomoto Sakura, siswa kelas 4 SD menemukan pada buku misterius yang disebut Clow. Setelah membukanya dan tiba – tiba angin besar datang, menyebarkan semua kartu yang ada di dalam buku itu. Sakura dipilih dan diangkat oleh Keroberos sang Penjaga Kartu untuk menangkap kartu yang tersebar. Dengan temannya Tomoyo dan saingan Syaoran, Sakura mulai petualangan yang mengubah hidupnya.

PV

Nah, setelah meliat PV dan membaca info – infonya yuk ke pembahasan utama dari anime Cardcaptor Sakura !

Jalan Cerita
Yang sudah kamu baca di sinopsis, itu adalah asal mula dan cerita awal bagaimana Sakura bisa menjadi seorang Cardcaptor yang harus menangkap 52 Clow Card. Jelas, rapih, simpel dari awal hingga akhir. Itulah yang mimin dapatkan untuk jalan ceritanya, bahkan kamu bisa menonton anime ini sambil tiduran, karena memang ceritanya ringan dan santai, tetapi asik dan seru juga. Genre yang cukup banyak ini sebenarnya masih kurang, karena masih ada beberapa bumbu lagi seperti Shounen, Martial Art, Action, Slice of Life.

Karakter
70 episode, menurutmu berapa banyak karakter yang Cardcaptor Sakura punya ? Tidak terlalu banyak, total karakternya hanya sekitar 26, sudah termasuk Main dan Support Karakter, sisanya hanya figuran saja. Untuk Main Karakter hanya ada 4, yaitu Sakura Kinomoto sebagai Heroine utama, Shaoran Li sebagai Hero, Tomoyo Daidouji, Keroberos sebagai Maskot. Li tidak muncul di awal episode. Karena Li akan menjadi Rival Sakura untuk menangkap Clow Card yang akhirnya menjadi aliansi dengan Sakura dan Li jatuh cinta pada Sakura. Lalu 22 sisanya adalah karakter Support seperti Kakak dan Ayah Sakura,  Meiling Li, Clow Reed, Yukito Tsukishiro, Yue dan yang lainnya. Tenang saja, akan ada penjelasan dan kapan karakter tersebut keluar, karena hanya sedikit karakter yang akan kamu lihat di awal – awal. Kamu tidak akan menemukan Waifumu di sini, jika kamu mengklaim Sakura dan Tomoyo adalah waifumu, berarti kamu seorang lolicon.

[Review Anime] Cardcaptor Sakura

Art
Untuk Art sudah sangat baik untuk anime di bawah tahun 2000, jadi jagan di bandingkan dengan anime sekarang ya. Desain karakter yang menarik, ada yang lucu, manis, keren, dan sebagai lainnya ada di anime ini. Pewarnaan yang cukup tebal dan pemilihan warna yang cukup pekatlah yang diberikan untuk para karakter ini. Memang pewarnaannya tidak sekeren anime sekarang, tapi ini memang yang terbaik untuk anime ini.

Action
Action yang di berikan anime Cardcaptor Sakura adalah melawan para mahluk dari Clow Card, menggunakan sihir dari Clow Card dan kemampuan beladiri dari Li. Efek – efek yang muncul pada saat pertarungan memang tidak ‘’Wahh’’ tetapi sudah bagus untuk anime tahun 1998. Dan yang menariknya adalah Mahou Shoujo atau Magician Girl atau Penyihir Perempuan pasti mempunyai kostum setelah berubahkan ? Nah di Cardcaptor Sakura kamu akan melihat banyak kostum yang akan Sakura gunakan untuk melawan Clow Card.

Comedy
Mungkin Comedy dari Anime Cardcaptor Sakura termasuk Low sampai Medium yang membuat lucu bukanlah kelakuan para karakter tetapi ekspresi wajah para karakternya. Tentu saja akan membosankan menonton 70 episode tanpa Comedy dan hanya berfokus pada jalan cerita.

OST
Untuk lagu Opening, Cardcaptor Sakura melakukan penggantian sebanyak dua kali. Yang pertama berjudul Catch You Catch Me yang dinyanyikan oleh Gumi. Yang ke-2 berjudul Tobira wo Akete yang dinyanyikan oleh ANZA. Dan yang terakhir berjudul Platinum yang dinyanyikan oleh Maaya Sakamoto. Jika Opening di ganti sebanyak dua kali, untuk ending mereka mengganti sebanyak tiga kali !
Untuk yang pertama berjudul Groov yang dinyanyikan oleh Koumi Hirose. Yang ke-2 berjudul Honey yang dinynyikan oleh Chihiro. Dan lagu yang ke-3 berjudul Fruits Candy yang dinyanyikan oleh Megumi Kojima dan episode terakhir di ganti dengan Opening ke-3 berjudul Platinum yang dinynyikan oleh Maaya Sakamoto.
NB : untuk lagu yang dinyanyikan Maaya Sakamoto berjudul Platinum tetapi ada nama lainnya yaitu Platina dan Purachina.

[Review Anime] Cardcaptor Sakura

Overall
Jalan Cerita : 10 / 10
Karakter : 9 / 10
Art : 9.5 / 10
Action : 9 / 10
Comedy : 9 / 10
Cardcaptor Sakura : 9.4 / 10

Penilaian yang berikan adalah penilaian untuk anime tahun 2000an, jadi jika di nilai untuk anime 2015 ke atas, maka nilai untuk Anime Cardcaptor Sakura akan sangat kecil.
Cardcaptor Sakura, I like this anime so much !
Salah satu anime lawas yang the best ? Cardcaptor Sakura adalah jawabannya. Ya Cardcaptor Sakura memang benar – benar salah satu anime yang the best pada tahun tayangnya.
‘’Cardcaptor Sakura won the Animage Grand Prix award for Best Anime in 1999.‘’ 
Sumber : MyAnimeList terletak di bawah sinopsis (Background).

Kamu tidak nonton anime Cardcaptor Sakura yang sudah memenangkan Animage Grand Prix award for Best Anime tahun 1999 ? kamu bukan anime lovers sejati.

[Review Anime] Cardcaptor Sakura
Kerberos, Maskot Cardcaptor Sakura

Oke, Review Anime Cardcaptor Sakura sudah selesai nih, kalau ada yang mau di tanyakan silahkan tulis di komentar ya ^^

Cardcaptor Sakura, tertarik menonton Animenya setelah membaca Review-nya?

Next

Related


EmoticonEmoticon